Labsystematic

Kadar Karbon dalam polimer karet

01 December 2015 - 09:22

Alat uji yang sangat tepat untuk penentuan kadar karbon dalam karet/ban adalah TG-DTA (Thermo Gravimetry- Differential Thermal Analyzer).
Mula-mula, sampel dipanaskan s.d suhu 800 deg C dengan kondisi atmosfer N2 (Nitrogen) untuk mencegah degradasi komponen resin dalam karet/ban. Terlihat dari kurva TG terjadi 3 tahap menyusutnya berat, yakni dimulai pada suhu 214 deg C. Ketika suhu sampai pada 800 deg C, perlahan suhu diturunkan sampai pada 200 deg C dan kondisi atmosfer berganti dengan udara. Terakhir, pemanasan kembali dilakukan sampai terjadinya pembakaran pada karbon. Kadar karbon dihitung dari rasio atau perbandingan berat yang hilang selama proses pemanasan kembali.
Dalam kurva menunjukkkan, dua tahap menyusutnya berat adalah akibat dari pembakaran. Berat yang hilang dalam temperatur rendah merupakan komponen karbon dalam resin (residu karbon) sementara berat yang hilang dalam temperatur tinggi menunjukkan kadar karbon.
Hasil analisis berdasarkan kurva hasil TG-DTA tersebut ialah perbandingan total organik, carbon black, dan kadar abu dalam sampel berturut-turut adalah 82,8%; 3,8%; dan 19,4%.

Rigaku TG-DTA adalah pilihan yang sangat tepat untuk sampel2 polimer terdegradasi.

Sumber: Application Note TA 1008, Rigaku Corporation

info: zakka@labsystematic.com/ 0812-1804-9394
Sales Division Head Thermal Analyzer RIGAKU
www.labsystematic.com

Request This Product

Komentar